Home Kesehatan 10 Manfaat Minum Teh yang Baik untuk Kesehatan

10 Manfaat Minum Teh yang Baik untuk Kesehatan

0
Manfaat minum teh untuk kesehatan
Manfaat minum teh untuk kesehatan (Foto: Ceng Ismail/Pexels.com)

Ada banyak manfaat minum teh yang baik untuk kesehatan. Secangkir (atau dua) setiap hari dapat baik untuk Anda, bersama dengan teh sehat yang harus Anda coba.

Kanool.com – Apapun musimnya, teh bisa menjadi minuman yang enak karena bisa disajikan dengan es atau panas.

Tetapi manfaatnya jauh melampaui penyegaran. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum teh sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan Anda .

Sebuah studi baru-baru ini, yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology, melibatkan lebih dari 100.000 orang dewasa di China dan menemukan mereka yang secara teratur minum teh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular aterosklerotik atau meninggal sebelum waktunya karena sebab apa pun – terutama stroke – dibandingkan dengan orang lain selama tujuh tahun. -tahun tindak lanjut.

Kaitannya sangat kuat di antara peminum teh biasa — mereka yang menikmati minuman itu setidaknya tiga kali seminggu. Teh hijau tampaknya memiliki efek yang lebih kuat daripada teh hitam.

Berdasarkan temuan, seorang peminum teh berusia 50 tahun yang sering minum teh mungkin mengembangkan penyakit jantung hampir satu setengah tahun kemudian atau hidup sekitar satu tahun lebih lama daripada seseorang yang tidak pernah atau jarang minum teh, tulis para penulis penelitian.

Hasilnya menunjukkan konsumsi teh kebiasaan dapat dianggap “sebagai perilaku gaya hidup yang mempromosikan kesehatan secara keseluruhan,” tulis Vanessa Bianconi, seorang peneliti di University of Perugia di Italia dan penulis utama editorial yang menyertai penelitian baru.

Kemampuan teh untuk menurunkan tekanan darah mungkin menjadi alasan mengapa teh dapat mengurangi risiko kematian akibat stroke, kata editorial tersebut.

Teh, terutama teh hijau, merupakan sumber yang kaya akan flavonoid, senyawa bioaktif yang dapat mengurangi stres oksidatif, meredakan peradangan, dan memberikan manfaat kesehatan lainnya, catat para penulis penelitian. Mereka memperingatkan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah hasil pada orang dewasa Cina juga akan berlaku untuk orang-orang di luar Asia Timur.

Penelitian lain menunjukkan teh dapat membantu melindungi gigi dan jantung Anda, bahkan mungkin membantu mencegah kanker. Paling tidak, minum teh adalah cara beraroma untuk mendapatkan cukup cairan ke dalam tubuh Anda setiap hari.

Jenis yang Anda minum dapat membuat perbedaan. Semua teh non-herbal dibuat dari daun tanaman Camellia sinensis. Lamanya waktu pemrosesan daun menentukan apakah Anda akan mendapatkan teh hijau, hitam, atau oolong.

Teh hijau adalah yang paling sedikit diproses dan cenderung memiliki jumlah polifenol tertinggi , dan satu-satunya jenis yang mengandung polifenol, katekin , itulah sebabnya banyak penelitian telah dilakukan hanya dengan menggunakan teh hijau. Teh herbal tertentu dikenal karena nilai obatnya, termasuk menenangkan sistem pencernaan.

10 manfaat teh bagi kesehatan

Manfaat minum teh untuk kesehatan
Manfaat minum teh untuk kesehatan (Foto: Anna Pou/Pexels.com)

Berikut adalah 10 manfaat teh bagi kesehatan dan beberapa pilihan teh yang enak untuk dicoba:

1. Teh mengandung antioksidan

Antioksidan bekerja untuk mencegah versi tubuh dari karat dan dengan demikian membantu menjaga kita tetap muda dan melindungi kita dari kerusakan akibat polusi.

Penuhi antioksidan dengan teh putih, yang lebih sedikit diproses daripada teh hitam atau hijau sehingga mempertahankan antioksidan yang lebih bermanfaat.

2. Teh memiliki lebih sedikit kafein daripada kopi

Campuran herbal tidak memiliki kafein, sedangkan teh tradisional memiliki kurang dari 50% dari apa yang biasanya ditemukan dalam kopi. Itu berarti Anda dapat mengonsumsinya tanpa efek buruk pada sistem saraf Anda, kata Leslie Bonci, ahli gizi dan pemilik Active Eating Advice.

Jika Anda mencoba beralih dari kopi ke teh, cobalah teh akar chicory seperti Teeccino, yang memiliki rasa dan rasa yang mirip dengan kopi. Akar chicory juga dikenal untuk membantu mengurangi stres dan merupakan prebiotik sehingga dapat membantu usus Anda. Teh ini akan memberi Anda energi tanpa kafein.

3. Teh dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 yang menggabungkan data dari sejumlah laporan sebelumnya menemukan hampir 20% pengurangan risiko serangan jantung dan 35% pengurangan risiko stroke di antara mereka yang minum satu hingga tiga cangkir teh hijau sehari.

Mereka yang minum empat atau lebih cangkir teh hijau setiap hari memiliki penurunan 32% dalam risiko serangan jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

Empat cangkir teh hijau mungkin membuat Anda terus berlari ke kamar mandi, tetapi Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dari minum satu cangkir teh matcha, yang terbuat dari daun teh hijau bubuk dan dikatakan memiliki nutrisi yang setara dengan 10 cangkir teh hijau biasa.

4. Teh dapat membantu menurunkan berat badan

Penelitian tentang ini tidak sekuat itu, kata Ardine, seraya menambahkan bahwa penelitian yang menunjukkan efek bergantung pada konsumsi teh dalam jumlah besar, seringkali dalam bentuk pil.

5. Teh dapat membantu melindungi tulang Anda

Data dari penelitian hewan terbaru menunjukkan bahwa teh hijau dapat mencegah keropos tulang. Moringa, tanaman asli Asia Selatan, telah dikenal karena khasiat obatnya dan sekarang dengan cepat menjadi makanan super utama.

Dengan lebih banyak kalsium daripada susu, serta zat besi, vitamin A dan K, teh kelor adalah tambahan yang bagus untuk membantu menjaga tulang tetap kuat.

6. Teh dapat membuat senyum Anda tetap cerah

“Para peneliti Jepang telah menemukan bahwa teh dapat mengurangi kehilangan gigi dan mencegah gigi berlubang.Teh memberikan manfaat bagi kesehatan gigi.

7. Teh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian telah menunjukkan teh dapat menyempurnakan sel-sel kekebalan sehingga mereka mencapai target mereka lebih cepat.

Teh tulsi telah digunakan oleh praktisi Ayurveda selama berabad-abad untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat setelah cedera atau penyakit berkat sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasinya.

8. Teh dapat membantu melawan kanker

Studi tentang ini saat ini beragam, yang berarti diperlukan lebih banyak penelitian, kata Bonci. Tetapi, sementara itu, “jika Anda memiliki riwayat kanker keluarga yang kuat dan Anda ingin melakukan apa pun yang Anda bisa, Anda dapat meningkatkan konsumsi teh Anda,” tambahnya.

9. Teh herbal dapat menenangkan sistem pencernaan

“Teh herbal, khususnya chamomile, bisa baik untuk penderita sindrom iritasi usus besar karena bersifat antispasmodik,” kata Bonci. “Dan teh jahe bisa meredakan mual.” Dapatkan dosis keduanya dengan teh jahe chamomile.

10. Teh bebas kalori

“Ini adalah alternatif tanpa kalori yang bagus untuk air,” kata Bonci. “Ini memberikan begitu banyak pilihan untuk rasa dan keserbagunaan. Anda dapat memilikinya panas atau dingin. Dan Anda tidak perlu memasukkan apa pun ke dalamnya, meskipun Anda mungkin ingin menambahkan batang kayu manis atau jahe. Itu berarti Anda dapat menghidrasi dengan sesuatu selain air saja.”

Baca juga: 8 Manfaat Mangga untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Demikian 10 manfaat teh yang bagus untuk kesehatan. Silakan dinimakti secangkir teh dengan banyak manfaatnya. Pastikan teh yang kamu minum itu rendah gula atau bahkan tidak menggunakan gula sehingga akan sangat bermanfaat bagi kesehatanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here