Home Otomotif 7 Tips Perawatan Mobil yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

7 Tips Perawatan Mobil yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

0
Tips merawat mobil sendiri
Tips merawat mobil sendiri (Foto: Andrea Piacquadio/Pexels.com)

Tips Perawatan Mobil yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri – Banyak pemilik mobil dan truk kurang memperhatikan kebutuhan kendaraannya hingga timbul masalah.

Pada umumnya mbil akan dibawa ke bengkel mobil sekali atau dua kali dalam setahun untuk penggantian oli terjadwal secara rutin dan perawatan lainnya. Namun, ada banyak hal yang dapat dilakukan pengemudi untuk memastikan kendaraan mereka tampil dan bekerja sebaik mungkin.

Melakukan pemeriksaan otomotif rutin dan perawatan ringan sendiri saat diperlukan akan sangat membantu melindungi investasi besar yang telah Anda buat untuk kendaraan Anda.

Tugas perawatan yang termasuk dalam tujuh tip perawatan mobil ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak waktu.

1. Periksa aki mobil

Kendaraan Anda tidak akan berfungsi dengan baik jika akinya rusak, jadi luangkan waktu untuk inspeksi cepat dan pembersihan sesekali komponen penting mobil ini.

Setidaknya setahun sekali, periksa  aki mobil Anda apakah ada tanda-tanda asam baterai putih kering. Jika ada, lepas kabel dari aki (lakukan kabel negatif dulu).

Gunakan sikat kawat dan cairan penghilang korosi dari toko perlengkapan otomotif untuk membersihkan bahan korosif dari terminal baterai. Campuran soda kue dan air juga bisa digunakan.

Bilas area yang telah dibersihkan dengan air, keringkan dengan lap, dan sambungkan kembali kabel aki (pasang kabel positif terlebih dahulu). Perkiraan waktu yang dibutuhkan: 15-20 menit

2. Ganti wiper depan

Salah satu masalah keamanan terbesar saat berkendara adalah memiliki kaca depan yang jernih untuk memberikan jarak pandang terjauh saat berkendara.

Harus dipertimbangkan sebagai prioritas utama untuk mengganti whipper depan yang sudah aus sehingga meninggalkan goresan di kaca depan Anda, atau tidak efektif menghilangkan hujan dan salju. Saat whipper mengeluarkan suara mencicit, itu indikator lain bahwa sudah waktunya untuk menggantinya dengan baru.

Umumnya, disarankan untuk mengganti whipper mobil Anda setiap 6-12 bulan. Lain kali Anda membeli sepasang baru, belilah satu set ekstra yang bisa Anda simpan di bagasi dan sudah tersedia.

Pada sebagian besar kendaraan, mengganti whipper kaca depan dapat dengan mudah dilakukan sendiri. Ikuti saja petunjuk di manual pemilik Anda dan di bagian belakang kemasan bilah penghapus. Perkiraan waktu yang dibutuhkan: 10-15 menit

3. Ganti filter udara mesin

Dari semua tip perawatan yang tercantum di sini, mengganti filter udara engine Anda sendiri mungkin yang paling menakutkan. Yakinlah, ini cukup mudah dilakukan.

Filter udara kotor akan membatasi aliran udara yang masuk ke mesin Anda, yang memberikan tekanan ekstra pada mesin. Hal ini dapat sedikit memengaruhi jarak tempuh bahan bakar dan kinerja akselerasi pada kendaraan Anda.

Frekuensi penggantian filter udara engine akan bergantung pada berbagai faktor. Mengemudi secara teratur di jalan yang tidak beraspal dan lalu lintas padat akan menyebabkan filter udara lebih cepat tersumbat.

Jadwal perawatan untuk mengganti filter udara dapat sangat bervariasi antara produsen mobil. Beberapa menyarankan melakukannya setiap 24.000 kilometer, sementara yang lain menyarankan Anda untuk mengubahnya setiap 72.000 kilometer.

Periksa buku manual pemilik kendaraan Anda untuk menentukan jadwal Anda dan untuk menemukan lokasi filter udara mesin Anda. Untuk sebagian besar kendaraan, kotak filter udara tidak sulit diakses dan bahkan mungkin tidak memerlukan alat untuk membukanya.

Melihat sekilas filter udara Anda akan memberi tahu Anda apakah harus diganti atau tidak. Filter udara kotor akan tampak abu-abu atau hitam. Perkiraan waktu yang dibutuhkan: 5-10 menit

4. Bersihkan kendaraan Anda

Salah satu tips perawatan mobil yang paling mudah diikuti adalah dengan mencuci kendaraan Anda secara rutin. Melakukannya akan melindungi eksterior kendaraan Anda dan menjaganya tetap seperti baru.

Meskipun ini adalah tugas pemeliharaan sederhana, ini tidak selalu dilakukan dengan benar. Beberapa pengemudi mencuci mobil atau truknya terlalu sedikit, sementara yang lain terlalu berlebihan dan mencucinya terlalu banyak.

Para ahli mengatakan bahwa seberapa sering Anda mencuci mobil akan ditentukan oleh beberapa faktor: seperti dimana itu diparkir, seberapa sering digunakan dan kondisi cuaca.

Idealnya mencuci kendaraan Anda setiap 2-4 minggu, tergantung pada faktor-faktor di atas. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah yang menggunakan garam jalan raya pada musim dingin, sebaiknya Anda mencuci mobil setiap satu atau dua minggu sekali mengingat banyaknya garam yang dapat merusak lapisan bawah dan bagian bawah kendaraan.

Parkir di garasi selalu disarankan, karena mobil dan truk Anda tidak akan terlalu terpapar elemen debu jalanan. Itu juga termasuk kotoran burung yang bersifat asam, getah pohon, serangga mati, dan elemen udara seperti debu, kotoran, dan serbuk sari. Perkiraan waktu yang dibutuhkan: 20-30 menit

5. Waxing kendaraan Anda

Jika Anda mencuci kendaraan secara teratur untuk menjaga penampilan dan integritas eksteriornya, tambahkan satu lagi tip perawatan mobil ini ke rutinitas perawatan Anda – beri mereka waxing.

Waxing dapat dilakukan jauh lebih jarang daripada mencuci – dua atau tiga kali per tahun umumnya disarankan. Beberapa wax sintetis yang lebih mahal menyatakan bahwa Anda hanya perlu menggunakan produk mereka setahun sekali.

Selain menjaga kilau eksterior kendaraan, waxing juga melindungi lapisan bening dan catnya dari elemen-elemen buruk yang disebutkan di atas.

Cara termudah untuk menentukan apakah mobil atau truk Anda membutuhkan lapisan lilin adalah dengan memberi sedikit air pada kendaraan. Waxing tidak diperlukan jika air mengembang. Perkiraan waktu yang dibutuhkan: 50-60 menit

6. Periksa cairan mesin Anda

Bahkan dengan indikator dasbor kendaraan yang menunjukkan kapan level cairan rendah, sebaiknya sesekali periksa level cairan Anda di antara kunjungan ke bengkel mobil Anda.

Tidak perlu banyak waktu untuk melakukannya dan memberikan jaminan ekstra bahwa cairan kendaraan Anda telah diisi ulang dengan benar. Memeriksa tingkat oli Anda adalah salah satu tip perawatan mobil yang sangat cerdas untuk digunakan sebelum membawa kendaraan Anda dalam perjalanan jauh.

Pastikan untuk selalu memeriksa level cairan Anda saat diparkir di permukaan yang rata. Gunakan lap bersih atau tisu untuk menyeka tongkat celup Anda.

Mari kita mulai dengan oli mesin . Anda akan mendapatkan berbagai pendapat tentang cara mendapatkan pembacaan paling akurat dari level oli Anda. Beberapa ahli mengatakan untuk menjalankan kendaraan sampai mencapai suhu operasi normal, matikan, dan kemudian tunggu 5-10 menit sebelum memeriksa tongkat celup oli Anda.

Yang lain mengatakan Anda bisa memeriksa tongkat pencelup oli saat kendaraan dingin. Konsultasikan buku manual pemilik kendaraan Anda dan mintalah nasihat mekanik Anda untuk mencari tahu metode mana yang cocok untuk Anda.

Tidak semua kendaraan memiliki tongkat ukur cairan transmisi . Jika milik Anda melakukannya, periksa level cairan transmisi dengan kendaraan berjalan. Sebaliknya, kendaraan Anda harus selalu dimatikan saat memeriksa ketinggian tangki pendingin .

Minyak rem Anda dapat ditemukan di tangki reservoir dengan indikator ketinggian cairan yang mudah dilihat. Periksa juga reservoir cairan power steering , yang mungkin memiliki tongkat ukur tergantung pada model kendaraan Anda.

Level cairan terakhir yang harus diperiksa adalah untuk cairan pencuci kaca depan Anda , yang harus dipahami oleh pengemudi berpengalaman mana pun. Perkiraan waktu yang dibutuhkan: 10 menit

7. Periksa tekanan ban Anda

Banyak kendaraan modern hadir dengan sistem pemantauan tekanan ban, namun tidak ada salahnya untuk mengecek tekanan ban secara manual secara berkala. Pengukur tekanan ban yang baik harus dianggap sebagai alat yang penting bagi setiap pengemudi, seperti halnya inflator ban portabel / kompresor udara mini.

Mengemudi dengan ban yang terlalu kempes dapat:

  • menurunkan penghematan bahan bakar Anda
  • merusak ban dan menyebabkannya akhirnya meledak karena terlalu panas
  • batasi kemampuan mobil Anda untuk menanganinya
  • Ban Anda kembung juga bisa menyebabkan masalah. Pastikan untuk mengisi ban Anda dengan tekanan yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan dan bukan level psi yang ditunjukkan pada ban yang sebenarnya.

Perkiraan waktu yang dibutuhkan: 2 menit

Tip perawatan mobil ini yang melibatkan inspeksi visual dan perawatan ringan langsung akan menjaga kendaraan Anda berjalan dengan lancar.

Baca juga: Cara Atasi Mobil Saat Mogok, Jangan Panik

Anda juga dapat merawat kendaraan Anda hanya dengan memarkirnya di garasi Anda, agar lebih aman dan terlindung dari cuaca. Garage Living dapat mengubah garasi Anda menjadi ruangan yang bebas kekacauan dan menarik secara estetika.

Dan jika keahlian perawatan mobil Anda memungkinkan Anda melakukan perawatan yang lebih mendalam pada kendaraan Anda. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here