Home Berita Awas, Debu Penyebab Bau AC dalam Kabin Mobil

Awas, Debu Penyebab Bau AC dalam Kabin Mobil

0
AC Mobil (Foto: Pixabay.com/ninofficialphotography)

Debu pada ruang kabin dapat menyebabkan bau pada ruang kabin mobil – Air Conditioner (AC) merupakan salah satu komponen penting dalam mobil yang dapat memberikan kenyamanan pada penumpang.

Sitem kerja AC pada mobil adalah dengan cara mensirkulasikan refrigenant freon pada komponen AC mobil yang merupakan sirkulasi tertutup ketika AC mobil dinyalakan. Pada proses ini lah sistem pengisapan pada AC bekerja dengan menyedot udara dari dalam kabin.

Untuk itu, jika ruang kabin banyak debu udara yang dihasilkan tidak sehat, belum lagi pada tingkat tertentu akan menimbulkan bau yang tidak sedap dalam ruang kabin.

Debu-debu dari luar yang mengendap di dalam evaporator akan mengganggu kinerja AC. Jika debu bercampur dengan air dari saluran AC akan memicu tumbuhnya jamur. Jamur inilah yang akan menyebabkan bau tidak sedap pada AC mobil.

Karena itu, interior secara rutin perlu dibersihkan agar tidak ada debu yang menempelpada karpet atau bagian lain di kabin mobil. Hal buruk lainnya adalah kebiasaan pemilik mobil yang membiarkan karpet basah hingga kering dengan sendirinya, yang dengan sendirinya akan menyebabkan timbulnya jamur.

Untuk mengindarkan mobil dari bau apek ini. Perhatikan beberapa langkah berikut.

Cara menghilangkan bau AC yang pertama ialah dengan membersihkan seluruh bagian dalam mobil anda, termasuk membersihkan AC itu sendiri. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan interior mobil dari debu yang menempel.

Sedangkan untuk membersihkan AC, anda cukup menyemprotkan udara bersih bertekanan ke dalam AC untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di dalamnya. Hindari penggunaan air, karena air berpotensi merusak mesin AC itu sendiri.

Pastikan seluruh interior bersih dari debu serta air. Periksalah bagian AC dengan teliti, hal ini bertujuan untuk mengetahui kebocoran AC yang memicu pertumbuhan jamur dan udara menjadi lembab.

Baca juga: Cara Atasi Mobil Saat Mogok, Jangan Panik

Cara menghilangkan bau apek yang kedua ini bisa dibilang cukup mudah dan tidak ribet sama sekali. Perlu mengganti udara kotor dan berbau yang terperangkap dalam AC mobil anda.

Caranya dengan memarkirkan mobil di tempat yang terbuka, lalu buka semua pintu dan kaca mobil. Nyalakan AC mobil dengan kecepatan maksimal agar udara tidak sedap yang ada di AC dapat berganti dengan udara segar dari luar. Lakukan hal ini kurang lebih selama 10 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here