Home Kecantikan Ini 6 Tips agar Anak Terhindar dari Kegemukan atau Obesitas

Ini 6 Tips agar Anak Terhindar dari Kegemukan atau Obesitas

1
Penyebab anak obesitas
Penyebab anak obesitas (Foto: Pexels.com/Cottonbro)

Kegemukan atau obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa menghambat pertumbuhan anak-anak. Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari kegemukan? 

Berikut ini 6 tip menghindari obesitas pada anak. Sebagian tip ini adalah kebalikan dari makanan dan minuman larangan untuk anak.

1. Pastikan sarapan pagi bergizi

Biasakan anak untuk sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas pagi hari. Ini sangat penting karena dengan demikian anak Anda memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas, baik aktivitas fisik atau aktivitas psikis.

Banyak anak yang tidak pernah sarapan pagi. Orang tuanya tidak menyiapkan sarapan pagi mereka dengan baik. Atau kalau sarapan, menu makanan hanya disediakan seadanya. Siapkan menu sarapan pagi sehat yang bisa mendukung produktivitas anak Anda tinggi dengan capaian kecerdasan yang terus maju.

2. Jangan banyak konsumsi makanan gorengan

Jangan siapkan banyak makanan gorengan untuk anak. Ya, makanan gorengan memang gurih dan disukai banyak orang.

Tetapi, makanan seperti itu mengandung lemak tinggi. Tidak baik untuk pertumbuhan kesehatan anak. Anda harus menyiapkan makanan rebus, kukus, bakar, atau lainnya.

3. Harus makan di meja makan

Ajak anak makan di meja makan, bukan di depan televisi. Agar anak senang duduk di ruang makan, sebagai orang tua harus mengajak anak berkomunikasi dengan bercerita, sehingga mereka tidak lari ke depan televisi.

Cara lainnya yakni saat makan, televisi harus dimatikan. Ajak anak menyepakati itu. Waktu makan, televisi harus dimatikan.

Ini adalah supaya anak-anak dan Anda bisa berkomunikasi lebih baik. Pendekatan antara orang tua dan anak bisa berjalan harmonis. Anak lebih menyukai orang tua sebagai teladan hidup.

Di meja makan, ajak anak bicara masalah sekolah, pelajaran, aktivitas sehari-hari, kegembiraannya, kedukaannya, dsb. Usahakan Anda bisa membantu solusi atau hal-hal yang mereka hadapi.

Dengan demikian, anak-anak bisa tumbuh dengan baik sesuai dengan panduan untuk menjadi anak yang cerdas, berakhlak dan sehat.

4. Sediakan peralatan untuk aktivitas fisik

Supaya anak tidak menghabiskan lebih banyak waktunya depan televisi atau main game di smartphone, sebaiknya sediakan berbagai fasilitas yang bisa mendukung aktivitas anak.

Misalnya, sepeda sehingga tiap hari bisa main sepeda dengan sesama teman di sekolah atau teman-temannya di lingkungan sekitarnya.

Juga sediakan permainan fisik lainnya yang mendidik. Banyak mainan untuk merangsang kecerdasan anak yang bisa Anda berikan untuk anak seperti papan tulis untuk belajar menulis, belajar matematika, menggambar, dsb. Pertumbuhan psikis dan kecerdasan anak akan terangsang dengan berbagai peralatan itu.

5. Tidur malam lebih cepat

Tidur malam lebih cepat juga bisa menghindarkan anak dari kegemukan. Selain faktor makanan, kelelahan fisik juga bisa membuat anak cepat tidur malam.

Orang tua bisa membuat aturan bahwa anak pada jam 8 malam atau jam 9 malam harus tidur. Semua aktivitas seperti menonton televisi atau main game harus ditinggalkan.

Dari hasil penelitian, banyak anak yang tidur malam mulai jam 9 lebih bisa mengalami kegemukan dua kali dibandingkan dengan anak yang tidur malam sebelum jam 8 malam.

6. Beri wawasan lebih luas di luar rumah

Ajak anak-anak Anda mengunjungi tempat-tempat khusus yang bisa menambah wawasan mereka untuk tujuan pendidikan. Misalnya, kunjungi perpustakaan, tempat bersejarah, museum, dll.

Baca juga: 5 Kebiasan di Pagi Hari yang Berpotensi Berdampak Pada Berat Badan Kamu

Selain memperluas wawasan pendidikan anak, ini juga membuat anak melakukan banyak aktivitas fisik. Mencegah pertumbuhan yang tidak sehat seperti mengalami kegemukan. Demikian artikel mengenai obesitas pada anak. Semoga bermanfaat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here