Home Otomotif Ini Tips Melakukan Pengereman Kendaraan yang Aman Saat Hujan

Ini Tips Melakukan Pengereman Kendaraan yang Aman Saat Hujan

0
Tips rem saat hujan
Tips rem saat hujan (Foto: Sourav Mishra/Pexels.com)

Ini Tips Melakukan Pengereman Kendaraan yang Aman Saat Hujan – Banyak kecelakaan kendaraan baik mobil atau motor terjadi karena kegagalan pengereman. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman para pengemudi terkait bagaimana cara melakukan pengereman yang baik, khususnya pada saat hujan.

Pada saat hujan, jalanan basah atau terendam air menjadi momok bagi pengendara, karena kesalahan mengerem dapat menimbulkan selip. Ini terjadi karena akibat kurangnya pemahaman teknik pengereman.

Menurut Jusri Pulubuhu, Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), berkendara saat hujan membutuhkan perhitungan matang. Apalagi saat melakukan pengereman di lintasan basah.

“Sebagian besar kecelakaan malah terjadi karena kegagalan melakukan pengereman. Jadi jangan pernah berpikir mengerem adalah satu-satunya cara mengelak dari benturan,” kata Jusri beberapa waktu yang lalu.

Ia melanjutkan dalam mengerem Anda harus berhitung karena dalam keadaan panik mengerem bukannya akan mendatangkan keselamatan tetapi malah fatal bagi keselamatan.

Untuk itu, pria yang sudah puluhan tahun menggeluti pelatihan Safety Riding dan safety Driving ini membagi cara atau teknik pengereman saat menghadapi hujan atau lintasan jalan yang basah.

Untuk itu beberapa hal perlu diperhatikan ketika berkendara saat hujan:

1. Jaga jarak aman

Pertama, jaga jarak aman kendaraan Anda dengan pengendara lain karena permukaan jalan basah sangat licin sehingga rentan selip saat pengereman dibanding jalan kering.

2. Bila melaju kencang, jangan lakukan pengereman

Bila melaju kencang, jangan melakukan pengereman. Usahakan menghindar dari kendaraan di depan dengan menengok cepat ke belakang sebelum menghindar ke samping kanan. Jangan pernah berpikir untuk mengerem karena kemungkinan kendaraan dibelakang kita juga melaju kencang.

3. Hindari slip ban

Jangan melakukan pengereman saat ban dalam keadaan tidak sejajar karena kemungkinan besar akan terjadi selip karena salah satu roda yang mengunci akan terjadi selip mengikuti roda yang bergerak.

Sebagai catatan, pengereman paling aman saat kendaraan melaju kencang adalah melakukan pengereman secara bertahap. Jangan menginjak atau memencet rem penuh tetapi dilakukan berulang-ulang agar tidak menghilangkan traksi ban dengan jalan.

“Perhitungan timing pengereman agar tidak terjadi masalah,” tukas Jusri.

Nah semoga artikel ini membantu kamu untuk tetap waspada dalam berkendara saat kondisi hujan. Safaty riding!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here