Home Berita Katolik Intensi Doa Paus bulan Agustus: “Untuk UMKM di Tengah Krisis”

Intensi Doa Paus bulan Agustus: “Untuk UMKM di Tengah Krisis”

0
Berita Paus Fransiskus
Paus Fransiskus (Foto credit: Long Thiên)

Paus Fransiskus merilis intensi doanya untuk bulan Agustus, mendesak doa khusus untuk usaha kecil yang terus bertahan di tengah perang dan krisis akibat pandemi.

Vatikan, Kanool.com – Memasuki bulan Agustus, Paus Fransiskus menyerukan umat Katolik untuk berdoa bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah krisis ekonomi dan sosial sehingga dapat terus beroperasi dan memberikan pelayanan.

Paus merilis intensi doa bulanannya pada hari Selasa dalam sebuah video yang disiapkan oleh Pope’s Worldwide Prayer Network, demikian dilansir dari Vatican News pada Selasa (2/8/2022).

Dalam pesan tersebut, Sri Paus mengakui “keberanian, usaha, dan pengorbanan” pengusaha kecil dan menengah, dan mengakui bahwa mereka termasuk yang paling terdampak oleh krisis sosial-ekonomi yang parah, yang dibawa ke perang dan pandemi.

Menurut statistik Bank Dunia tahun 2021, satu dari empat perusahaan kehilangan setengah dari volume penjualan mereka karena pandemi global. Lebih lanjut memperburuk realitas mereka adalah bahwa mereka tidak menerima bantuan publik yang memadai.

Dalam pesan videonya, Paus memuji mereka yang melalui bengkel atau toko mereka “berinvestasi dalam kehidupan,” dengan menghasilkan kesejahteraan, kesempatan, dan pekerjaan bagi orang lain.

Bapa Suci mengakui kerja keras dan pengorbanan mereka yang terus-menerus dilakukan, untuk berinvestasi dalam kebaikan bersama.

“Toko, bengkel, usaha kebersihan, usaha transportasi, dan lain sebagainya. Orang-orang yang tidak muncul dalam daftar terkaya dan terkuat di dunia, dan terlepas dari kesulitannya, mereka menciptakan lapangan kerja, memenuhi tanggung jawab sosial mereka,” ungkap Paus Fransiskus.

Bapa Suci mengakhiri pesan videonya dengan mengingat nilai bisnis kecil.

“Mari kita berdoa untuk usaha kecil dan menengah, yang terpukul keras oleh krisis ekonomi dan sosial, sehingga mereka dapat menemukan cara untuk terus beroperasi, dan melayani komunitas mereka,” tambah Sri Paus.

Peran Besar UMKM

Pastor Federic Fornos, S.J., Direktur Internasional Jaringan Seluruh Dunia Paus, merefleksikan niat tersebut.

“Krisis yang kita alami, seperti yang dikatakan Pau fransiskus adalah sebuah ‘momen Nuh,'” kata Fornos.

Baca juga: Apakah Paus Fransiskus Bisa Pensiun Karena Masalah Kesehatan?

“Ini kesempatan untuk membangun sesuatu yang berbeda. Dalam hal ini, usaha kecil dan menengah sangat penting, dengan kekuatan kreatif mereka dan kapasitas mereka untuk memberikan solusi dari bawah ke atas,” ujarnya.

“Tanpa mereka, tidak mungkin untuk melewati krisis pandemi, dan mereka terus diperlukan sekarang. Inilah mengapa penting untuk mendoakan mereka.”

Apa itu Pope’s Worldwide Prayer Network?

Pope’s Worldwide Prayer Network atau Jaringan Doa Seluruh Dunia Paus adalah sebuah yayasan Vatikan, dengan misi memobilisasi umat Katolik melalui doa dan tindakan dalam menanggapi tantangan yang dihadapi umat manusia dan misi Gereja.

Didirikan pada tahun 1844 sebagai Kerasulan Doa, Jaringan Doa Seluruh Dunia Paus saat ini hadir di 89 negara dan terdiri dari lebih dari 22 juta umat Katolik.

Video Paus adalah inisiatif global resmi dengan tujuan menyebarluaskan intensi doa bulanan Bapa Suci.

Sumber: Vatican News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here