Home Motivasi Jawaban Pertanyaan Wawancara Tentang Pengalaman Kerja Anda?

Jawaban Pertanyaan Wawancara Tentang Pengalaman Kerja Anda?

1

Bagaimana menjawab pertanyaan wawancara tentang Pengalaman kerja Anda? Apa jawaban terbaik yang bisa Anda berikan kepada para pewawancara dalam situasi ini? Simak ulasannya berikut ini.

Wawancara bisa jadi sulit dan membuat stres, di mana pun Anda berada dalam karier Anda. Proses lamaran bisa sangat memakan waktu, jadi ketika Anda akhirnya mendapatkan wawancara, adalah normal untuk menekankan tentang memberikan jawaban terbaik untuk pertanyaan wawancara umum .

Kemungkinan besar, itu berarti dapat berbicara tentang pengalaman Anda sebelumnya dan bagaimana hal itu mempersiapkan Anda untuk peran itu. Jenis pertanyaan ini dirancang untuk memastikan bahwa Anda adalah kandidat yang paling cocok untuk pekerjaan itu.

Beberapa variasi pada pertanyaan ini antara lain sebagai berikut:

  1. Ceritakan tentang pengalaman kerja Anda.
  2. Jelaskan pengalaman terkait Anda.
  3. Bagaimana pengalaman Anda sebelumnya mempersiapkan Anda untuk pekerjaan ini?
  4. Apakah menurut Anda pengalaman Anda sesuai dengan kebutuhan peran?
  5. Apakah Anda pikir Anda memenuhi syarat untuk posisi ini?

Apa yang Ingin Diketahui Pewawancara

Jawaban pertanyaan wawancara
Jawaban pertanyaan wawancara (Foto: Fauxels/Pexels.com)

Perusahaan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana latar belakang dan pengalaman kerja Anda berhubungan dengan posisi yang ingin mereka isi.

Pengalaman Anda sebelumnya berfungsi sebagai indikator apakah Anda akan menjadi aset berharga dan cocok untuk perusahaan mereka atau tidak.

Hindari menjawab terlalu luas. Coba gunakan contoh spesifik tentang bagaimana pekerjaan sebelumnya dapat mempersiapkan Anda untuk peran baru. Semakin dekat kecocokan Anda dengan persyaratan pekerjaan, semakin baik peluang Anda untuk dipilih untuk wawancara.

Bagaimana Menjawab Pertanyaan Wawancara Tentang Pengalaman Anda

Tanggapan yang paling efektif adalah dengan menjelaskan tanggung jawab dan pencapaian Anda secara rinci dan menghubungkannya dengan pekerjaan yang Anda wawancarai.

Tautkan tanggung jawab Anda dengan tanggung jawab yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan untuk posisi baru sehingga pemberi kerja dapat melihat bahwa Anda memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu. Fokus sebagian besar pada tanggung jawab sebelumnya yang terkait langsung dengan persyaratan pekerjaan baru .

Contoh Jawaban #1

Pengalaman saya selama bertahun-tahun telah mempersiapkan saya dengan baik untuk posisi ini. Anda menyebutkan bahwa layanan pelanggan adalah bagian besar dari pekerjaan ini;

Saya menghabiskan tiga tahun bekerja di pusat panggilan bervolume tinggi, menjawab panggilan pelanggan, dan mengidentifikasi solusi.

Mengapa Berhasil: Jawaban ini merujuk pada pengalaman dan keterampilan khusus yang berharga untuk pekerjaan itu (dan mungkin muncul dalam deskripsi pekerjaan).

Contoh Jawaban #2

Saya mengembangkan keterampilan ekstensif bekerja dengan pelanggan bahkan ketika mereka tertekan. Saya sangat baik dalam meredakan situasi dan menemukan cara untuk membuat pelanggan senang.

Peringkat kepuasan pelanggan kami naik 10% selama masa jabatan saya di perusahaan saya sebelumnya. Karena peran departemen pemasaran Anda adalah untuk meningkatkan kesan pelanggan terhadap perusahaan, pengalaman saya akan menjadi aset besar bagi tim Anda.

Mengapa Berhasil: Dalam respons ini, kandidat mengukur keberhasilan mereka dalam peran sebelumnya. Dengan menjadi spesifik, mereka memberi pewawancara bukti kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan itu. Kandidat juga menjelaskan bagaimana mereka dapat membantu perusahaan jika mereka dipekerjakan.

Contoh Jawaban #3

Saya bekerja sebagai asisten kennel di rumah sakit hewan setempat selama musim panas sebelum tahun pertama kuliah saya. Di sanalah saya menemukan apa yang ingin saya lakukan sebagai karier.

Saya memutuskan untuk kuliah dan fokus menjadi dokter hewan hewan kecil, jadi itulah yang saya lakukan. Saya telah bekerja di rumah sakit hewan yang sama sejak itu.

Mengapa Berhasil: Balasan ini menunjukkan pengalaman di lapangan, pertumbuhan karier, dan loyalitas. Ini menunjukkan bahwa kandidat bijaksana dan disengaja tentang karir mereka.

Tips Memberikan Jawaban Terbaik

1. Kuantifikasi tanggapan Anda

Pewawancara mencari untuk mempekerjakan kandidat yang paling bisa memecahkan masalah bagi perusahaan, apakah itu meningkatkan penjualan atau memperoleh pelanggan atau mencapai beberapa metrik lainnya.

2. Statistik sangat membantu

Menunjukkan bahwa Anda meningkatkan penjualan sebesar X persen atau menghemat uang perusahaan sebesar Y memberikan argumen yang meyakinkan kepada manajer perekrutan untuk menawarkan pekerjaan kepada Anda. Gunakan angka dan persentase untuk menunjukkan apa yang telah Anda capai. 3

3. Tunjukkan kemahiran dalam keterampilan yang disorot dalam deskripsi pekerjaan

Kemampuan Anda untuk menggambarkan pengalaman kerja Anda sebelumnya secara efektif akan membantu Anda menonjol dari kelompok pelamar lainnya. Memberikan bukti spesifik dan terukur tentang pencapaian, etos kerja, dan pengetahuan Anda akan menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda memiliki pengalaman yang dapat ditransfer yang akan menguntungkan tempat kerja mereka.

4. Siapkan jawaban alternatif

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk bersiap dengan beberapa tanggapan jika pewawancara Anda mengubah taktik dan bertanya tentang aspek lain dari pengalaman Anda. Kenali resume Anda dengan baik, dan bersiaplah untuk mendiskusikan apa pun yang ada di dalamnya.

Apa yang Tidak Boleh Dikatakan?

Jangan mengingat tanggapan Anda. Penting untuk berlatih menjawab pertanyaan , tetapi Anda juga ingin terdengar santai dan alami, jadi jangan mencoba mempelajari jawaban Anda dengan menghafal. Alih-alih melatih tanggapan Anda baris demi baris, fokus saja pada poin-poin kunci untuk ditekankan agar poin Anda tersampaikan kepada pewawancara.

Jangan berbohong. Penting juga untuk jujur ​​dan akurat. Jangan memperindah pekerjaan Anda, karena Anda tidak tahu dengan siapa manajer perekrutan akan berbicara ketika mereka memeriksa referensi Anda .

Bahkan jika mereka tidak menindaklanjutinya secara mendalam, Anda tidak ingin menghabiskan sisa karir Anda menunggu untuk ditemukan—atau berbicara tentang peran Anda yang saat ini belum siap untuk Anda.

Kamu juga harus membaca jawaban atas pertanyaan lainnya seperti:

  1. Jawaban untuk Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda” dalam Wawancara Kerja
  2. Jawaban Terbaik untuk Pertanyaan “Mengapa Anda Orang yang Tepat untuk Pekerjaan ini?”
  3. Apa kekuatan terbesar Anda? Baca jawaban terbaik di sini
  4. Apa kelemahan terbesar Anda? Baca jawaban terbaik di sini
  5. Apa yang memotivasimu? Baca jawaban terbaik di sini
  6. Apa tujuan Anda untuk masa depan? Baca jawaban terbaik di sini
  7. Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini? Baca jawaban terbaik di sini
  8. Lebih banyak pertanyaan wawancara? Baca ini: 10 Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Sering Ditanyakan dan Jawaban Terbaik

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here