Home Motivasi Jawaban untuk Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda” dalam Wawancara Kerja

Jawaban untuk Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda” dalam Wawancara Kerja

1

Bagaimana menjawab pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda” dalam sebuah wawancara atau interview kerja? Apa yang sebaiknya Anda sampaikan kepada pewawancara dalam situasi ini? Simak ulasannya.

Apakah Anda siap untuk berbicara tentang diri Anda selama wawancara kerja? Pewawancara terkadang memulai wawancara dengan pertanyaan terbuka seperti, “Ceritakan tentang diri Anda.”

Pertanyaan ini adalah cara untuk mencairkan suasana dan membuat Anda merasa lebih nyaman selama proses wawancara . Namun, beberapa orang mungkin menganggap ini—dan pertanyaan wawancara lainnya tentang Anda— sedikit membuat stres.

Jika Anda adalah seseorang yang tidak suka menyombongkan diri, pertanyaan seperti ini mungkin sulit untuk dijawab. Tapi itu adalah cara yang baik bagi HRD perekrutan untuk mendapatkan wawasan tentang kepribadian Anda, jadi ada baiknya mempersiapkan diri untuk menjawabnya.

Apa yang Ingin Diketahui Pewawancara?

Pertanyaan wawancara dan jawabannya
Pertanyaan wawancara dan jawabannya (Foto: Edmond Dantès/Pexels.com)

Pewawancara mengajukan pertanyaan semacam ini untuk menentukan apakah Anda cocok untuk pekerjaan itu.

Mereka tidak hanya mencari indikasi bahwa Anda memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan itu, tetapi bahwa Anda akan menyatu dengan tim dan budaya perusahaan.

Pewawancara juga akan mencatat seberapa nyaman Anda menjawab pertanyaan terbuka . Ini akan berbicara dengan kemampuan Anda untuk berpikir cepat, serta mempersiapkan percakapan penting di tempat kerja.

Bagaimana Menjawab Pertanyaan Wawancara “Ceritakan Tentang Diri Anda”?

Meskipun mungkin tergoda untuk membagikan daftar kualifikasi Anda yang paling menarik untuk pekerjaan itu, pendekatan yang lebih sederhana mungkin akan membantu Anda mengembangkan hubungan pribadi dengan pewawancara Anda .

Salah satu pilihan untuk tanggapan Anda adalah untuk membagikan beberapa minat pribadi Anda yang tidak berhubungan langsung dengan karier Anda:

Contohnya mungkin termasuk hobi yang Anda sukai seperti sepak bola atau olahraga lainnya, astronomi, catur, paduan suara, golf, ski, tenis, atau barang antik. Minat seperti lari jarak jauh atau yoga yang membantu menunjukkan sisi sehat dan energik Anda patut disebutkan.

Hobi lain seperti menjadi pembaca setia atau memecahkan teka-teki silang atau permainan asah otak , akan membantu menunjukkan kecenderungan intelektual Anda. Pekerjaan sebagai volunter akan menunjukkan keseriusan karakter dan komitmen Anda terhadap kesejahteraan komunitas Anda.

Peran interaktif seperti relawan PTA, pemandu wisata museum, penggalangan dana, atau ketua klub sosial akan membantu menunjukkan kenyamanan Anda dengan melibatkan orang lain.

Ingat, seperti halnya ” ceritakan sesuatu tentang diri Anda yang tidak ada di resume Anda “, salah satu tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengenal Anda sedikit di luar karier dan sikap serta pengalaman di tempat kerja Anda.

Gunakan Rumus Sekarang-Masa Lalu-Masa Depan

Jika terasa menakutkan untuk menghasilkan jawaban dari awal, Anda dapat mengandalkan rumus sederhana untuk menyusun jawaban Anda. Rumus “sekarang-masa lalu-masa depan” adalah cara untuk berbagi poin latar belakang utama sambil mengakhiri dengan nada tinggi.

Mulailah dengan gambaran singkat tentang di mana Anda sekarang (yang dapat mencakup pekerjaan Anda saat ini bersama dengan referensi ke hobi atau hasrat pribadi). Referensi bagaimana Anda sampai ke tempat Anda berada (di sini Anda dapat menyebutkan pendidikan, atau pengalaman penting seperti pekerjaan sebelumnya, magang atau pengalaman sukarela) dan

Akhiri dengan menyentuh tujuan untuk masa depan.

Lakukan ini jika Anda dapat mengidentifikasi bagaimana posisi yang Anda lamar sejalan dengan bagaimana Anda membayangkan masa depan Anda di perusahaan/tempat kerja tersebut.

Contoh Jawaban Terbaik

Jawaban terbaik untuk permintaan ini adalah jujur, singkat, dan disampaikan dengan percaya diri. Tujuan Anda adalah untuk membagikan sesuatu yang menarik tentang diri Anda yang menerangi siapa Anda sebagai pribadi dan karyawan.

Bersiaplah dengan beberapa hal untuk dibagikan dan pastikan untuk mengaitkannya dengan keterampilan dan kualitas yang paling berharga dalam pekerjaan ini.

Contoh Jawaban #1

Ketika saya tidak bekerja, saya suka menghabiskan waktu menjelajah dengan anjing saya. Saya mengajak mereka jalan-jalan, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, atau bahkan sekedar jalan-jalan keliling kota. Sejumlah orang yang mengejutkan tertarik pada anjing, dan saya selalu senang berbicara dengan siapa yang saya temui.

Saya merasa bahwa komunikasi juga merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan profesional saya. Saat berbicara dengan orang lain, mampu memandu percakapan ke arah tertentu adalah salah satu cara saya berhasil dalam berbagai situasi di kantor.

Mengapa Berhasil: Selain membagikan fakta yang tampaknya tidak berhubungan (“dia suka anjing!”), jawaban ini juga membuktikan bahwa kandidat senang berbicara dengan orang lain dan memahami pentingnya komunikasi—keterampilan yang berharga dalam banyak peran.

Contoh Jawaban #2

Saya berpartisipasi dalam kegiatan amal beberapa kali dalam setahun. Baru-baru ini, saya melakukan kegiatan amal Run for Children dan saya juga memiliki beberapa acara amal yang direncanakan untuk tahun ini. Saya berjalan untuk berolahraga dengan teman-teman setelah bekerja dan di akhir pekan. Saya menikmati udara segar, mempelajari rute baru, dan terhubung dengan orang baru.

Saya juga menyukai aspek penggalangan dana, yang berguna dalam pekerjaan saya. Saya telah belajar bagaimana berhubungan dengan orang-orang untuk meningkatkan komitmen mereka terhadap tujuan tersebut.

Mengapa Berhasil: Jawaban ini mengaitkan hobi kandidat dengan keterampilan yang berguna dalam pekerjaan dan menunjukkan bahwa mereka adalah orang yang bertanggung jawab dan berpikiran komunitas. Juga, hobi yang melibatkan aktivitas kebugaran menunjukkan energi dan komitmen terhadap kesehatan.

Contoh Jawaban #3

Beberapa tahun terakhir, saya benar-benar menyukai geocaching. Saya suka tantangan menemukan cache dan menghabiskan waktu di luar ruangan bersama teman-teman.

Saya suka menggunakan keterampilan pemecahan masalah saya untuk menemukan yang benar-benar tersembunyi. Mempelajari bagaimana orang menyembunyikan sesuatu—dan di mana orang cenderung melihat—telah sangat membantu saya dalam pekerjaan desain saya. Ini semua tentang belajar melihat sesuatu melalui mata orang lain.

Mengapa Berhasil: Jawaban ini menunjukkan kemampuan untuk belajar dari pengalaman dan bekerja sebagai tim, serta jiwa petualang.

Tips Memberikan Respon Terbaik

Transisi ke profesional dari pribadi

Setelah membagikan beberapa aspek pribadi yang menarik dari latar belakang Anda, Anda dapat beralih untuk menyebutkan beberapa keterampilan profesional utama yang akan membantu Anda menambah nilai jika Anda dipekerjakan untuk pekerjaan target Anda.

Pertimbangkan untuk menggunakan frasa seperti “Selain minat dan hasrat itu, kehidupan profesional saya adalah bagian besar dari diri saya, jadi saya ingin berbicara sedikit tentang beberapa kekuatan yang akan saya bawa ke pekerjaan ini.”

Bagikan keahlian Anda

Bersiaplah untuk berbagi tiga atau empat kualitas pribadi, keterampilan, dan/atau bidang keahlian yang akan membantu Anda unggul dalam pekerjaan yang Anda wawancarai. Pada akhirnya, Anda akan ingin menyebutkan beberapa kekuatan lain sebelum wawancara selesai.

Buatlah daftar kekuatan Anda sebelum Anda pergi ke wawancara, sehingga Anda tahu apa yang akan Anda bagikan. Lihatlah deskripsi pekerjaan dan cocokkan dengan keahlian Anda . Kemudian pastikan Anda berbicara tentang beberapa keterampilan teratas yang membuat Anda menjadi kandidat ideal untuk pekerjaan itu.

Berhati-hatilah agar tidak membebani pewawancara. Setelah menyebutkan tiga atau empat kekuatan , Anda dapat menyebutkan bahwa Anda memiliki beberapa aset lain yang ingin Anda diskusikan saat wawancara berlangsung.

Pada awalnya, Anda hanya boleh menyebutkan aset dan menyinggung secara singkat beberapa bukti bagaimana Anda telah memanfaatkannya untuk keuntungan Anda. Misalnya, Anda mungkin mengatakan bahwa Anda suka memberikan presentasi dan ini telah membantu Anda menghasilkan banyak prospek di acara makan malam penjualan untuk calon klien.

Nanti dalam wawancara, Anda akan ingin lebih spesifik dan terperinci dalam mendiskusikan situasi, intervensi, atau hasil yang mengalir dari kekuatan Anda.

Bersikap Jujur

Mungkin tergoda untuk menyatakan minat pada hobi atau kegiatan yang tampaknya menarik bagi pewawancara, tetapi jika Anda memperluas kebenarannya, itu akan menjadi jelas dengan cepat. Terperangkap dalam kebohongan, dan wawancara akan berakhir sebelum dimulai.

Lebih buruk lagi, Anda bisa dipekerjakan dan menghabiskan waktu bertahun-tahun dengan berpura-pura bahwa Anda adalah calon atlet triatlon atau pemain Scrabble yang kompetitif.

Apa yang Tidak Boleh Dikatakan?

Jangan berbagi terlalu banyak atau terlalu sedikit informasi. Pewawancara tidak ingin tahu segalanya tentang Anda, tetapi mengungkapkan terlalu sedikit bisa membuatnya bertanya-tanya mengapa Anda tidak lebih terbuka.

Baca juga: 11 Tips Sukses Wawancara Kerja, Kamu Harus Coba

Hindari topik yang berpotensi kontroversial seperti kecenderungan politik atau agama, kecuali jika Anda benar-benar yakin bahwa pendapat Anda akan diterima dengan baik oleh pewawancara Anda.

Jangan membicarakan hobi yang mungkin tampak lebih penting bagi Anda daripada karier Anda. Tidak ada majikan yang mau mengambil kesempatan untuk mempekerjakan seseorang yang akan kehilangan banyak pekerjaan atau meminta waktu liburan yang panjang untuk mengejar hasrat mereka di luar pekerjaan.

Hindari berbagi informasi pribadi tentang keluarga Anda. Tidak perlu mendiskusikan pasangan, pasangan, anak-anak, atau informasi pribadi lainnya.

Kamu juga harus membaca jawaban atas pertanyaan lainnya seperti:

    1. Jawaban untuk Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda” dalam Wawancara Kerja
    2. Jawaban Terbaik untuk Pertanyaan “Mengapa Anda Orang yang Tepat untuk Pekerjaan ini?”
    3. Jawaban Pertanyaan Wawancara: “Mengapa Anda Menginginkan Pekerjaan Ini?”
    4. Apa kekuatan terbesar Anda? Baca jawaban terbaik di sini
    5. Apa kelemahan terbesar Anda? Baca jawaban terbaik di sini
    6. Apa yang memotivasimu? Baca jawaban terbaik di sini
    7. Apa tujuan Anda untuk masa depan? Baca jawaban terbaik di sini
    8. Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini? Baca jawaban terbaik di sini
    9. Lebih banyak pertanyaan wawancara? Baca ini: 10 Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Sering Ditanyakan dan Jawaban Terbaik

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here