Manfaat jalan kaki bagi kesehatan
Manfaat jalan kaki bagi kesehatan (Foto: Noelle Otto/Pexels.com)

Apa manfaat jalan kaki bagi kesehatan terutama untuk program diet yang tengah Anda jalani? Apakah jalan kaki aman bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Salah satu olahraga yang mudah dilakukan adalah jalan kaki. Selain gratis dan mudah, olahraga ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian di University of Tennessee menemukan bahwa wanita yang berjalan kaki memiliki lemak tubuh yang lebih sedikit daripada mereka yang tidak berjalan. Ini juga menurunkan risiko pembekuan darah, karena betis bertindak sebagai pompa vena, berkontraksi dan memompa darah dari kaki dan tungkai kembali ke jantung, mengurangi beban pada jantung.

Selain menjadi latihan aerobik yang mudah, berjalan kaki juga baik untuk Anda dalam banyak cara lainnya.

12 manfaat jalan kaki bagi kesehatan

Apa saja manfaat jalan kaki bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini:

1. Meningkatkan Sirkulasi

Berjalan menangkal penyakit jantung, meningkatkan detak jantung, menurunkan tekanan darah dan memperkuat jantung.

Wanita pasca-menopause yang berjalan hanya satu sampai dua mil sehari dapat menurunkan tekanan darah mereka hampir 11 poin dalam 24 minggu.

Menurut para peneliti di Harvard School of Public Health di Boston, wanita yang berjalan 30 menit sehari dapat mengurangi risiko stroke hingga 20%, dan 40% ketika mereka meningkatkan kecepatan,

2. Sehat untuk Tulang

Berjalan dapat menghentikan hilangnya massa tulang bagi mereka yang menderita osteoporosis, menurut Michael A. Schwartz, MD, dari Plancher Orthopaedics & Sports Medicine di New York.

Faktanya, satu penelitian terhadap wanita pasca-menopause menemukan bahwa berjalan kaki 30 menit setiap hari mengurangi risiko patah tulang pinggul sebesar 40%.

3. Nikmati Hidup Lebih Lama

Penelitian menemukan bahwa orang yang berolahraga secara teratur di usia lima puluhan dan enam puluhan memiliki kemungkinan 35% lebih kecil untuk meninggal selama delapan tahun ke depan dibandingkan rekan-rekan mereka yang tidak berjalan.

Baca juga: 5 Makanan Yang Bisa Membuat Umur Panjang

Angka itu meningkat hingga 45% lebih kecil kemungkinannya bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

4. Meringankan Mood Anda

Berjalan melepaskan endorfin penghilang rasa sakit alami ke tubuh – salah satu manfaat emosional dari olahraga. Sebuah penelitian di California State University, Long Beach, menunjukkan bahwa semakin banyak orang mengambil langkah di siang hari, semakin baik suasana hati mereka.

5. Menurunkan Berat Badan

Jalan cepat 30 menit membakar 200 kalori. Seiring waktu, kalori yang terbakar dapat menyebabkan berat badan turun.

6. Memperkuat Otot

Berjalan mengencangkan otot kaki dan perut Anda – dan bahkan otot lengan jika Anda memompanya saat berjalan. Ini meningkatkan rentang gerak Anda, menggeser tekanan dan berat dari persendian ke otot Anda.

7. Tingkatkan Tidur

Studi menemukan bahwa wanita, usia 50 hingga 75 tahun, yang melakukan jalan pagi selama satu jam, lebih mungkin untuk meredakan insomnia daripada wanita yang tidak berjalan kaki.

8. Dukung Sendi Anda

Mayoritas tulang rawan sendi tidak memiliki suplai darah langsung. Ia mendapat nutrisi dari cairan sendi yang bersirkulasi saat kita bergerak. Gerakan dan kompresi dari berjalan “meremas” tulang rawan, membawa oksigen dan nutrisi ke area tersebut.

9. Tingkatkan Nafas Anda

Saat berjalan, tingkat pernapasan Anda meningkat, menyebabkan oksigen mengalir lebih cepat melalui aliran darah, membantu menghilangkan produk limbah dan meningkatkan tingkat energi dan kemampuan untuk sembuh.

10. Memperlambat Penurunan Mental

Sebuah penelitian terhadap 6.000 wanita, usia 65 dan lebih tua, yang dilakukan oleh para peneliti di University of California, San Francisco, menemukan bahwa penurunan memori terkait usia lebih rendah pada mereka yang berjalan lebih banyak.

Wanita yang berjalan 2,5 mil per hari mengalami penurunan memori 17%, dibandingkan dengan penurunan 25% pada wanita yang berjalan kurang dari setengah mil per minggu.

11. Menurunkan Risiko Alzheimer

Sebuah studi dari University of Virginia Health System di Charlottesville menemukan bahwa pria berusia antara 71 dan 93 yang berjalan lebih dari seperempat mil per hari memiliki setengah insiden demensia dan penyakit Alzheimer dibandingkan mereka yang berjalan lebih sedikit.

12. Lakukan Lebih Banyak untuk Lebih Lama

Jalan kaki aerobik dan program latihan ketahanan dapat mengurangi kejadian kecacatan dalam aktivitas hidup sehari-hari untuk orang yang berusia lebih dari 65 tahun dan memiliki gejala OA, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Outcomes Management menemukan.

Baca juga: 11 Buah dengan Kandungan Protein Tinggi

Demikian 12 manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Ternyata jalan kaki tidak saja menyehatkan jantung, menguatkan tulang namun juga sangat baik untuk Anda yang tengah menjalani program diet sehat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber: Arthritis.org

Share: