Penyebab perut buncit
Penyebab perut buncit (Foto: Towfiqu barbhuiya/Pexels.com)

Anda mempunyai perut yang buncit? Uhh, rasanya malu dengan kawan dan tidak mengenakkan. Tetapi, bagaimana cara menguruskan perut dengan mudah dan cepat?

Area perut memang tempat banyak lemak tertimbun. Biasanya, hal ini terjadi karena Anda, khususnya ibu-ibu atau wanita, kurang gerak. Tidak pernah atau sangat jarang berolahraga.

Tetapi, di sisi lain Anda suka ngemil dan makan enak. Makan makanan yang tinggi lemak. Efeknya, pada area perut tertimbun banyak lemak yang membuat perut buncit.

Akibat kurang gerak dan olahraga, maka pembakaran lemak dan kalori sangat kecil. Tak seimbang antara asupan yang mengandung banyak lemak dan tinggi kalori dengan pembakaran lemak.

Pembakaran tiap harinya sangat kecil. Yang banyak terjadi justru penumpukan lemak di area perut Anda akibat sering mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung lemak dan tinggi kalori.

Bagaimana cara menguruskan perut dengan cepat sehingga perut menjadi ramping atau perut tidak buncit lagi?

Sesungguhnya itu adalah hal yang sangat mudah. Pertama, kurangi asupan lemak dan kalori. Kedua, perbesar pembakaran lemak. Jika Anda bisa melakukan dua hal itu, semuanya beres. Perut buncit akan segera kempis dan problem perut buncit teratasi.

Mudah kannn? Itulah cara menguruskan perut buncit, khususnya mengecilkan perut buncit pada wanita.

3 Penyebab Perut Buncit

Sebelum membahas cara menguruskan perut atau cara mengecilkan perut, di sini akan dibahas dulu apa penyebab perut buncit.

Mengetahui penyebab perut buncit sangat penting karena menguruskan perut akan percuma atau sia-sia jika Anda tetap mengonsumsi makanan penyebab perut buncit.

Jika Anda ingin sukses menguruskan perut buncit, ya Anda harus melakukan kedua hal itu secara bersamaan. Yaitu, menghindari penyebab perut buncit dan melakukan hal-hal yang bisa mengecilkan perut.

Kedua hal itu harus dilakukan secara bersamaa. Ini akan mempercepat usaha Anda menguruskan perut.

Penyebab perut buncit yang harus Anda hindari antara lain:

1. Banyak Mengonsumsi Cemilan

Anda suka mengonsumsi cemilan? Jika ya, coba kurangi muai sekarang. Apalagi jika sekarang perut Anda buncit dan badan gemuk, Anda sebaiknya menghindari cemilan yang kaya lemak dan kalori.

Selain itu, kurangi ngemil di malam hari. Lebih-lebih jika sudah pukul 21.00 ke atas. Hentikan ngemil Anda. Mengapa? Sebab, sebentar lagi Anda tidur. Cemilan yang Anda konsumsi tidak akan diolah oleh pencernaan dengan baik karena pencernaan Anda juga istirahat saat Anda mulai tidur.

Akibatnya, cemilan menyisakan banyak banyak dan kalori yang membuat perut buncit. Cemilan yang banyak lemak dan kalori antara lain coklat, kue, dan ice cream.
Ganti cemilan dengan mengonsumsi buah atau makanan rendah gula (tidak manis) dan rendah lemak.

2. Kurang Olahraga dan Aktivitas Fisik Lainnya

Kurang olahraga juga bisa menjadi penyebab perut buncit. Solusinya untuk menguruskan perut adalah perbanyak aktivitas fisik. Lebih-lebih jika Anda banyak duduk saat bekerja seperti pegawai administrasi, tukang jahit, dsb.

Banyak aktivitas fisik bisa Anda lakukan. Olahraga, senam, jalan kaki, jogging, berkebun, sebentar-sebentar berdiri dari tempak duduk dan jalan 1 menit, dsb.

3. Suka Minuman Beralkohol, Bersoda dan Kurang Air Putih

Sering minum minuman beralkohol dan bersoda juga bisa membuat Anda punya perut buncit. Apalagi, ditambah suka makan dalam porsi besar. Tidak hanya perut buncit, berat badan Anda juga akan meningkat banyak. Berat badan Anda tidak ideal.

Sebaliknya, kurang konsumsi air putih juga bisa menjadi penyebab perut buncit. Minumlah air putih setidak dua setengah liter perhari. Ya, sebentar-sebentar minum.

Supaya bisa sering minum, Anda perlu selalu membawa air putih ke mana pun. Ini bisa membuat Anda sering minum air putih sekalgus Anda bisa menguruskan perut.

Ini beberapa cara penting yang harus Anda lakukan untuk membuat Anda bisa sukses menguruskan perut. Mengecilkan perut buncit sangat penting supaya Anda selalu sehat dan tidak mudah dihinggapi penyakit.

Selain itu, Anda pun bisa tampil cantik atau handsome dan cekatan.

Ukur Dulu Lingkar Perut Anda, Baru Melakukan Cara Menguruskan Perut

Perut Anda dikatakan buncit dan harus dikecilkan jika ukuran lingkarnya mencapai 102 cm untuk lelaki dan 88 cm untuk wanita.

Jadi, sebelum mulai program atau cara menguruskan perut, Anda perlu mengetahui dulu berapa lingkar perut Anda. Setelah diketahui ukurannya, lalu catat hasilnya.

Baca juga: 15 Cara Menguruskan Perut Buncit dengan Mudah, Murah dan Efektif

Setelah Anda melakukan berbagai aktivitas atau cara menguruskan perut untuk beberapa waktu, misalnya satu bulan, Anda kembali ukur lingkar perut Anda. Berapa penurunnya. Sukses tidak. Jika belum sukses, pelajari apa penyebabnya.

Share: