Home Motivasi 10 Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Sering Ditanyakan dan Jawaban Terbaik

10 Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Sering Ditanyakan dan Jawaban Terbaik

1

Simak 10 pertanyaan wawancara kerja yang paling sering ditanyakan dan berikut jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan tersebut. Ini adalah pertanyaan saat interview dan jawabannya. Semoga membantu Anda yang akan mengikuti wawancara kerja.

Apakah Anda siap untuk menghadapi wawancara kerja Anda yang akan datang? Salah satu bagian terpenting dari persiapan wawancara adalah kesiapan untuk menanggapi secara efektif pertanyaan yang biasanya diajukan oleh pemberi kerja atau HRD.

Karena pertanyaan wawancara ini sangat umum, manajer perekrutan akan mengharapkan Anda untuk dapat menjawabnya dengan lancar dan tanpa ragu-ragu.

Berikut adalah 10 pertanyaan wawancara teratas yang kemungkinan akan diajukan oleh pemberi kerja beserta contoh jawaban, kiat untuk memberikan respons terbaik, dan saran tentang cara menguasai wawancara.

Anda tidak perlu mengingat jawaban Anda, tetapi Anda harus memikirkan apa yang akan Anda katakan sehingga Anda tidak salah fokus.

10 Pertanyaan Wawancara Teratas dan Jawaban Terbaik

Daftar pertanyaan wawancara kerja yang sering ditanyakan
Daftar pertanyaan wawancara kerja yang sering ditanyakan (Foto: Anna Shvets/Pexels.com)

Tinjau pertanyaan wawancara yang paling sering diajukan dan contoh jawaban ini, lalu siapkan tanggapan Anda berdasarkan pengalaman, keterampilan, dan minat Anda. Ingatlah bahwa ini bukan tentang memberikan jawaban yang “benar” dan lebih banyak tentang menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan itu.

1. Ceritakan Tentang Diri Anda

Ini adalah salah satu pertanyaan pertama yang mungkin Anda tanyakan. Bersiaplah untuk berbicara tentang diri Anda, dan mengapa Anda adalah kandidat ideal untuk posisi tersebut. Pewawancara ingin tahu mengapa Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu .

Cobalah untuk menjawab pertanyaan tentang diri Anda tanpa memberikan terlalu banyak, atau terlalu sedikit, informasi pribadi. Anda dapat mulai dengan berbagi beberapa minat dan pengalaman pribadi Anda yang tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan, seperti hobi favorit atau cerita singkat tentang tempat Anda dibesarkan, pendidikan Anda, dan apa yang memotivasi Anda.

Baca : Jawaban Terbaik untuk Pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda” dalam Wawancara Kerja

Anda bahkan dapat membagikan beberapa fakta menyenangkan dan menunjukkan kepribadian Anda untuk membuat wawancara sedikit lebih menarik.

2. Mengapa Anda Orang Terbaik dan Tepat untuk Pekerjaan itu?

Apakah Anda kandidat terbaik untuk pekerjaan itu? Manajer perekrutan ingin tahu apakah Anda memiliki semua kualifikasi yang diperlukan. Bersiaplah untuk menjelaskan mengapa Anda adalah pelamar yang harus dipekerjakan.

Jadikan tanggapan Anda sebagai promosi penjualan yang percaya diri, ringkas, dan terfokus yang menjelaskan apa yang Anda tawarkan dan mengapa Anda harus mendapatkan pekerjaan itu. Ini adalah saat yang tepat untuk meninjau kualifikasi dan persyaratan dalam daftar pekerjaan, sehingga Anda dapat menyusun respons yang sesuai dengan apa yang dicari pewawancara.

Baca : Jawaban Terbaik untuk Pertanyaan “Mengapa Anda Orang yang Tepat untuk Pekerjaan ini?”

3. Mengapa Anda Menginginkan Pekerjaan Ini?

Mengapa Anda cocok untuk posisi itu? Apa yang akan Anda capai jika Anda dipekerjakan? Pertanyaan wawancara ini memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan kepada pewawancara apa yang Anda ketahui tentang pekerjaan dan perusahaan, jadi luangkan waktu sebelumnya untuk meneliti perusahaan , produk, layanan, budaya, dan misinya secara menyeluruh.

Jelaskan secara spesifik tentang apa yang membuat Anda cocok untuk peran ini, dan sebutkan aspek-aspek perusahaan dan posisi yang paling menarik bagi Anda.

Baca: Jawaban Pertanyaan Wawancara: “Mengapa Anda Menginginkan Pekerjaan Ini?”

4. Bagaimana Pengalaman Anda Mempersiapkan Anda untuk Peran/Tugas Ini?

HRD menggunakan pertanyaan ini untuk mempelajari bagaimana pengalaman kerja Anda sebelumnya dan latar belakang pendidikan sesuai dengan pekerjaan itu. Untuk bersiap merespons, buatlah daftar kualifikasi paling relevan yang Anda miliki dan cocokkan dengan persyaratan yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan.

Penting untuk menjelaskan bagaimana pengalaman Anda akan membantu majikan jika Anda dipekerjakan. Anda dapat menggunakan metode wawancara STAR untuk menyiapkan contoh untuk dibagikan kepada pewawancara. Anda tidak perlu mengingat jawaban Anda, tetapi bersiaplah untuk membagikan apa yang telah Anda capai dalam peran Anda sebelumnya.

Baca: Jawaban Pertanyaan Wawancara Tentang Pengalaman Kerja Anda?

5. Mengapa Anda Berhenti dari Pekerjaan Anda Sebelumnya?

Bersiaplah dengan jawaban untuk pertanyaan ini. Anda harus memberikan jawaban yang jujur ​​dan mencerminkan keadaan spesifik Anda, tetapi tetap positif. Bahkan jika Anda berhenti dalam keadaan yang menantang, sekarang bukan waktu terbaik untuk berbagi apa yang dapat ditafsirkan sebagai terlalu banyak informasi dengan pewawancara.

Pewawancara ingin tahu mengapa Anda berhenti dari pekerjaan Anda sebelumnya dan mengapa Anda ingin bekerja untuk perusahaan mereka. Ketika ditanya tentang mengapa Anda pindah dari posisi Anda saat ini, tetap berpegang pada fakta, langsung, dan fokuskan jawaban Anda pada masa depan, terutama jika kepergian Anda tidak dalam keadaan terbaik .

6. Apa Kekuatan/Kelebihan Terbesar Anda?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang hampir selalu ditanyakan oleh pemberi kerja untuk menentukan seberapa baik Anda memenuhi syarat untuk posisi tersebut. Ketika Anda ditanya tentang kekuatan terbesar Anda, penting untuk mendiskusikan atribut yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan tertentu, dan yang akan membedakan Anda dari kandidat lain.

Saat Anda menjawab pertanyaan ini, ingatlah untuk “menunjukkan” daripada “memberi tahu”. Misalnya, daripada menyatakan bahwa Anda adalah pemecah masalah yang hebat, alih-alih ceritakan sebuah kisah yang menunjukkan hal ini, idealnya dengan mengambil anekdot dari pengalaman profesional Anda.

7. Apa Kelemahan/Kekurangan Terbesar Anda?

Pertanyaan tipikal lain yang akan ditanyakan pewawancara adalah tentang kelemahan Anda . Lakukan yang terbaik untuk membingkai jawaban Anda di sekitar aspek positif dari keterampilan dan kemampuan Anda sebagai karyawan, mengubah “kelemahan” yang tampak menjadi kekuatan.

Pertanyaan ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan itu. Selain mengetahui apakah Anda memiliki kredensial yang tepat, manajer perekrutan ingin mengetahui apakah Anda dapat menghadapi tantangan dan mempelajari tugas baru.

Anda dapat membagikan contoh keterampilan yang telah Anda tingkatkan, memberikan contoh spesifik tentang bagaimana Anda mengenali kelemahan dan mengambil langkah untuk memperbaikinya.

8. Bagaimana Anda Menangani Stres dan Tekanan di Tempat Kerja?

Apa yang Anda lakukan ketika hal-hal tidak berjalan lancar di tempat kerja? Bagaimana Anda menghadapi situasi sulit? Majikan ingin tahu bagaimana Anda menangani stres di tempat kerja.

Apakah Anda bekerja dengan baik dalam situasi stres tinggi? Apakah Anda berkembang dalam tekanan, atau Anda lebih suka pekerjaan yang lebih sederhana? Apa yang Anda lakukan ketika terjadi kesalahan?

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan membagikan contoh bagaimana Anda telah berhasil menangani stres di posisi sebelumnya.

Hindari mengklaim bahwa Anda tidak pernah, atau jarang, mengalami stres. Sebaliknya, rumuskan jawaban Anda dengan cara yang mengakui stres di tempat kerja dan menjelaskan bagaimana Anda mengatasinya, atau bahkan menggunakannya untuk keuntungan Anda.

9. Berapa Besar Gaji yang Anda Harapkan?

Apa yang Anda cari dalam hal gaji? Pertanyaan tentang uang selalu sulit untuk dijawab. Anda tidak ingin menjual diri Anda pendek atau harga diri Anda dari tawaran pekerjaan. Di beberapa lokasi, majikan dilarang secara hukum untuk menanyakan riwayat gaji kepada Anda —tetapi mereka dapat menanyakan berapa banyak yang Anda harapkan untuk dibayar.

Lakukan riset sebelum rapat agar Anda siap menyebutkan gaji (atau kisaran gaji ) jika diminta. Ada beberapa kalkulator gaji online gratis yang dapat memberi Anda kisaran yang wajar berdasarkan jabatan, majikan, pengalaman, keterampilan, dan lokasi Anda.

10. Apa Tujuan dan Rencana untuk Masa Depan?

Apakah Anda seorang pencari kerja? Atau apakah Anda berencana untuk tinggal di perusahaan, setidaknya untuk sementara waktu? Ke mana Anda membayangkan karir Anda akan pergi? Apakah rencana Anda untuk masa depan sesuai dengan jalur karier seseorang yang biasanya dipekerjakan untuk posisi ini?

Baca juga: 11 Tips Sukses Wawancara Kerja, Kamu Harus Coba

Pertanyaan ini dirancang untuk mengetahui apakah Anda akan bertahan atau pindah segera setelah Anda menemukan peluang yang lebih baik. Jaga agar jawaban Anda tetap fokus pada pekerjaan dan perusahaan, dan tegaskan kembali kepada pewawancara bahwa posisi tersebut sejalan dengan tujuan jangka panjang Anda.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here