Home Berita Katolik Satu Pastor Katolik Dibunuh Kelompok Bersenjata di Nigeria

Satu Pastor Katolik Dibunuh Kelompok Bersenjata di Nigeria

0

Salah satu pastor Katolik yang diculik kelompok bersenjata Nigeria telah dibunuh dengan sadis.

Pastor Katolik dibunuh
Pastor John Mark dan Donatus Cleopas (Foto: Family News Today)

Nigeria, Kanool.com – Terduga teroris telah membunuh Pastor John Cheitnum, yang diculik bersama rekannya, Pastor Donatus Cleopas, dalam perjalanan ke sebuah acara di Lere di Negara Bagian Kaduna, Nigeria pada Jumat malam (15/07/2022).

Baca beritanya di sini: Dua Pastor Katolik di Nigeria Diculik Kelompok Bersenjata

Christian Association of Nigeria (CAN) mengutuk keras pembunuhan tersebut. CAN menggambarkan negara bagian itu sebagai medan yang berbahaya bagi para pemimpin Kristen setelah ditemukannya sisa-sisa jasad Pastor Cheitnum yang terbunuh itu, demikian dilansir dari Punchng.com (20/07/2022).

Pastor Cheitnum adalah Ketua CAN Wilayah Jema’a serta koordinator CAN di Kaduna Selatan.

“Kaduna menjadi tempat yang berbahaya untuk bepergian dan tidak aman bagi para pemimpin Kristen,” kata Pastor John Hayab selaku Ketua CAN Kaduna.

Sementara itu Pastor Donatus Cleophas, yang diculik bersama Pastor Cheitnum, melarikan diri dari para penculiknya.

Keuskupan Kafanchan telah mengkonfirmasi pembunuhan Pastor Cheitnum pada hari Selasa. Hal itu tertuang dalam pernyataan Rektor Katolik Keuskupan Kafanchan, Pastor Emmanuel Okolo.

“Kami ingin mengumumkan bahwa Pastor Donatus Cleophas melarikan diri dari para penculiknya dan telah bersatu kembali dengan kita,” ungkap pernyataan pihak keuskupan.

“Namun, dengan rasa duka dan rasa sakit yang mendalam, Uskup, Klerus, Religius dan Awam Keuskupan Kafanchan mengumumkan pembunuhan mengerikan terhadap Pastor John Mark Cheitnum,” lanjut bunyi pernyataan tersebut.

Pastor John Mark yang diculik dari pastoran Kristus Raja Paroki YadinGaru, Lere LGA dari Negara Bagian Kaduna, dibunuh secara brutal oleh para penculiknya pada hari yang sama dengan penculikannya; Jumat 15 Juli 2022.

Pernyataan itu menambahkan bahwa pemakamannya dijadwalkan pada Kamis, 21 Juli 2022 di Katedral St. Peter Kafanchan, Negara Bagian Kaduna, pada pukul 10 pagi.

“Kami meminta doa untuk ketenangan saudara kami yang terkasih, Imam dan penghiburan Tuhan atas keluarga dekatnya, kami ingin dengan rendah hati menyerukan kepada semua orang untuk menahan diri,” ujar Pastor Okolo.

“Keuskupan telah mengumumkan dua hari berkabung untuk ketenangan jiwanya dan semoga jiwanya dan jiwa umat beriman yang meninggal beristirahat dalam damai. Amin,” pungkas Pastor Okolo.

Sumber: Punchng.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here